Skip to main content

Blog Tips Keren Cara Mengoptimalkan Bisnis Profile di Instagram

Cara Mengoptimalkan Bisnis Profile di Instagram

Pada akhir tahun 2019, jumlah pengguna aktif Instagram di Indonesia tercatat telah mencapai 61.610.000 yang dilansir dari NapoleonCat. Artinya nyaris seperempat penduduk Indonesia memiliki akun Instagram masing-masing.

Pemakai Instagram yang paling banyak pada umur 18-24 tahun menjadi kelompok umur pengguna paling besar di Indonesia.

Banyak orang beralih ke Instagram karena kemudahan layanan untuk membuat, memposting dan mengakses foto dan video menarik yang dapat dibuat oleh siapa saja termasuk teman, influencer, dan para pelaku bisnis.

Perusahaan atau pelaku bisnis mengandalkan platform ini karena pengguna 10 kali lebih mudah dan terhubung dengan campaign dan penawaran produk mereka melalui foto dan video yang mereka gunakan daripada di platform lain seperti Facebook atau Twitter.

Namun untuk mengoptimalkan bisnis anda pada platform ini, penting untuk membuat profil Instagram yang berhasil menarik perhatian calon customer atau target market anda.

Dengan mengikuti cara yang disampaikan di bawah ini, harapannya semoga para pelaku bisnis dapat mengoptimalkan profil Instagram bisnis anda untuk mendorong hasil bisnis yang lebih optimal.

Buat akun bisnis untuk bisnis anda

Perusahaan beberapa tahun lalu sudah menggunakan akun Instagram bisnis untuk mengakses alat analisis dan promosi yang optimal.

Tidak seperti akun pribadi, akun bisnis menyediakan analitik yang terkait dengan kinerja posting dan pertumbuhan pengikut. Pengguna bisnis memiliki lokasi kantor dan jam di bagian yang terpisah dari bio Instagram tradisional.

Gunakan TrackingLink

Mengingat bahwa platform ini hanya memungkinkan profil akun bisnis untuk membagikan satu URL saja, maka tautan link dalam profil akun sangat penting.

Namun, banyak pelaku bisnis masih melakukan kesalahan dengan menggunakan tautan non-pelacakan di profil akun Instagram mereka.

Jika tautan tidak dapat dilacak, sulit untuk mengetahui berapa banyak pengunjung situs web atau pelanggan yang berkunjung ke profil anda.

Menggunakan platform analisis atau platform pembuat URL khusus seperti Bit.ly, pelaku bisnis dapat melihat bagaimana perkembangan profil bisnis anda.

Optimalkan Feed Instagram

Pelaku bisnis harus merancang profile yang membuat konten menarik. Salah satunya dengan membuat kolase multi-grid yang membentuk gambar yang dapat dipahami.

Banyak brand dan perusahaan yang mengandalkan teknik ini untuk berbagi gambar besar atau poster campaign mereka untuk memberikan gaya yang khas dan unik jika dilihat oleh calon customer mereka.

Selain itu pengoptimalan feed bisa juga untuk melakukan penawaran produk baru dari bisnis anda atau perusahaan anda serta dapat juga diberikan konten seperti diskon yang perusahaan anda tawarkan agar menarik dan mudah untuk memikat calon pelanggan anda.

Pelajari Basic Performance

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah ada perkembangan bisnis anda pada platform ini adalah jika anda mengetahui cara untuk melihat performance bisnis anda dan perkembangan marketing anda pada platform ini.

Meskipun akun bisnis pada platform ini sudah memiliki fitur dan layanan beberapa informasi dasar tentang kinerja dan perkembangan profile anda.

Karena hal itu, banyak perusahaan yang rela untuk membayar jasa pihak ketiga untuk mengetahui report yang lebih lengkap perihal perkembangan bisnis anda di platform ini.

Selain itu, analisis pihak ketiga sangat penting untuk mengoptimalkan profil dan strategi Instagram Anda.

Fokus pada kualitas bukan kuantitas follower

Banyak perusahaan berpikir bahwa memiliki banyak followers penting untuk membuat profile yang optimal. Karena semakin banyak followers semakin sering feed anda akan muncul pada fitur pencarian.

Tetapi sekilas melihat profil yang dimiliki oleh beberapa perusahaan besar di dunia menunjukkan bahwa kualitas followers lebih penting daripada kuantitas.

Ada banyak sekali profile Instagram yang hanya dengan "clickbait" mencapai ratusan ribu bahkan jutaan followers.

Perusahaan lebih baik fokus pada pelayanan yang melibatkan semua followers daripada meningkatkan jumlah followers baru hanya untuk hanya untuk menambah kredibilitas.

Buat timeline pada konten Instagram

Tidak seperti platform media sosial lainnya, feed konten Instagram yang lama mudah dicari pada profile akun.

Maka, relatif mudah untuk melihat setiap postingan berbulan-bulan dan bertahun-tahun yang lalu.

Perusahaan juga harus memperhatikan hal ini dan harus memiliki konsep yang terlihat rapi agar enak dan menarik untuk calon pelanggan berkunjung ke profil anda.

Aktifkan selalu notifikasi Instagram

Pastikan devices yang terhubung dengan akun bisnis perusahaan anda menyalakan notifikasi Instagram 24 jam.

Hal itu, menunjukkan kepada followers anda bahwa perusahaan anda selalu melakukan pelayanan 24 jam. Harapannya adalah untuk membangun sentimen positif dan selalu terhubung dengan followers anda.

Buat komunikasi baik dengan followers

Sebaiknya jangan hanya menggunakan platform ini untuk media marketing anda. Buatlah juga interaksi yang aktif dengan followers anda untuk memberikan kesan yang positif kepada profile anda.

Gunakan dengan baik layanan yang diberikan platform ini seperti comment, like, highlight, instastories dan IG TV untuk selalu berinteraksi dengan followers anda.

Dapatkan centang biru untuk menambah kredibilitas

Sama dengan platform media sosial lainnya, Platform ini menawarkan kemampuan profile bisnis anda menerima status akun terverifikasi yang ditandai dengan tanda centang biru.

Tanda centang ini akan memberikan kredibilitas lebih kepada followers, karena perusahaan anda sudah terpercaya.

Mulai tahun 2019 platform ini telah mempermudah penggunanya untuk mendapatkan verified akun. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Jangan merubah nama Profil anda
  2. Akun anda harus selalu aktif
  3. Jika telah memenuhi syarat maka di setting akan ada opsi untuk meminta verifikasi
  4. Tunggu verifikasi dari pihak Instagram

Pastikan Instagram anda terhubung dengan website anda

Optimalkan fungsi platform ini sebagai media sosial dan pemasaran anda ke halaman web perusahaan, pastikan bahwa situs web perusahaan saling terhubung dengan media sosial perusahaan anda.

Sehingga pada akhirnya pelanggan akan anda bawa ke pembelian produk ke website perusahaan anda. Jangan lupa bahwa platform ini adalah platform pada handphone, sehingga perusahaan anda harus memikirkan membuat website perusahaan anda agar bisa dan mudah jika diakses melalui handphone.

Karena jika tidak itu akan memberikan kesan buruk yang dapat sangat merusak peluang anda mendapatkan pelanggan baru.

Jadi bagaimana nih, Apakah anda sudah siap mencoba mengoptimalkan bisnis anda dengan Instagram?

Selain artikel ini, kami juga memiliki konten lain untuk anda perihal bisnis, marketing dan pengembangan bisnis digital anda. Selamat membaca dan mengembangkan bisnis atau website Anda!

Bagi anda yang belum mempunyai website juga bisa segera membuat website kalian sendiri untuk memperbesar dan meningkatkan bisnis yang sedang anda jalani saat ini.

Ada banyak jasa pembuatan website yang bisa Anda manfaatkan jasanya yang menawarkan website dengan harga terjangkau, salah satunya adalah IDwebhost.

Berbagi itu peduli:

You Might Also Like:

Cegah Virus Corona:

Silahkan tuliskan komentar,Physical distancing atau jaga jarak merupakan hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.
Buka Komentar
Buka Komentar